Ilustrasi deadline.
(Sumber: Dok. Google)
Sobat
TERUSTERANG, mungkin sebagian dari
kita sering kali merasa malas jika melaksanakan tugas yang baru saja diberikan. Apalagi, nih,
kalau tugasnya memiliki deadline waktu
yang panjang, ya, kan? Tapi, Sobat, kebiasaan menunda pekerjaan akan memberikan dampak buruk bagi
diri sendiri loh, salah satunya yaitu ketika semua pekerjaan menumpuk menjadi
satu yang rawan mengakibatkan stres dan akhirnya pekerjaan tidak optimal.
Jadi,
bagi kalian yang suka menunda-nunda pekerjaan, nih, TERUSTERANG kasih tips-nya biar Sobat nggak jadi golongan “nanti-nanti”, yuk, cek!
1. Tentukan
prioritas pekerjaan
Adanya prioritas pekerjaan yang kita tentukan dapat mempermudah
kita dalam membagi waktu untuk menyelesaikan tugas apa yang seharusnya
dikerjakan terlebih dahulu atau ditunda dahulu, dengan begitu waktu kalian
tidak terbuang sia-sia hanya karena bingung tugas atau
pekerjaan apa yang harus kalian selesaikan terlebih dahulu.
Seperti yang kita tahu,
tidur sering kali disepelekan, karena dianggap sebagai suatu kegiatan yang
membuang-buang waktu alias tidak produktif. Tapi jangan salah, mendapatkan
waktu tidur yang cukup, justru membuat seseorang menjadi lebih produktif. Waktu
tidur yang cukup di malam hari justru bisa membuat mood dan semangat kerja menjadi stabil atau bahkan meningkat. Berbeda
dengan orang yang memiliki waktu tidur kurang, kekebalan tubuhnya cenderung
menurun sehingga mudah sekali mengalami gangguan
pada mood dan kantuk keesokan harinya.
3.
Jauhkan hal-hal yang
bisa memecahkan konsentrasi
Sering kali pekerjaan
atau tugas utama tertunda karena ada hal-hal yang memecahkan konsentrasi. Salah
satunya yaitu gangguan dari telepon genggam. Baiknya, Sobat TERUSTERANG bisa matikan atau jauhkan dari
penggunakan telepon genggam saat menyelesaikan pekerjaan. Dengan cara ini,
kalian lebih bisa mengontrol diri agar lebih produktif bekerja dan tidak mudah
tergoda untuk bermain media sosial terlalu lama.
4. Buat deadline pekerjaan
Membuat deadline merupakan
salah satu bagian yang dapat memberikan tantangan dalam menyelesaikan tugas.
Hal ini dimaksudkan untuk menyelesaikan pekerjaan berdasarkan
prioritas atau tingkat kesulitan yang tinggi. Sobat bias, nih, bikin jadwal deadline sendiri dengan memberikan waktu
setidaknya dua hari sebelum jadwal deadline yang diberikan.
Hal ini berguna supaya kalian masih mendapatkan waktu untuk memperbaiki atau
merevisi pekerjaan yang kurang tepat.
Empat tips di atas semoga dapat membantu Sobat TERUSTERANG dalam mengurangi atau bahkan
menghindari kebiasaan menunda pekerjaan. Jangan menunda pekerjaan selagi bisa
mengerjakan, ya!
_________________________
Penulis : Indriana Mega Kresna
Editor : Nasy’ah Mujtahidah Madani
0 Comments