Say Goodbye to Deadline!


Ilustrasi deadline. (Sumber: Dok. Google)

Sobat TERUSTERANG, mungkin sebagian dari kita sering kali merasa malas jika melaksanakan tugas yang baru saja diberikan. Apalagi, nih, kalau tugasnya memiliki deadline waktu yang panjang, ya, kan? Tapi, Sobat, kebiasaan menunda pekerjaan akan memberikan dampak buruk bagi diri sendiri loh, salah satunya yaitu ketika semua pekerjaan menumpuk menjadi satu yang rawan mengakibatkan stres dan akhirnya pekerjaan tidak optimal.

Jadi, bagi kalian yang suka menunda-nunda pekerjaan, nih, TERUSTERANG kasih tips-nya biar Sobat nggak jadi golongan “nanti-nanti”, yuk, cek!

1.      Tentukan prioritas pekerjaan

Adanya prioritas pekerjaan yang kita tentukan dapat mempermudah kita dalam membagi waktu untuk menyelesaikan tugas apa yang seharusnya dikerjakan terlebih dahulu atau ditunda dahulu, dengan begitu waktu kalian tidak terbuang sia-sia hanya karena bingung tugas atau pekerjaan apa yang harus kalian selesaikan terlebih dahulu.

      2.      Tidur malam yang cukup

Seperti yang kita tahu, tidur sering kali disepelekan, karena dianggap sebagai suatu kegiatan yang membuang-buang waktu alias tidak produktif. Tapi jangan salah, mendapatkan waktu tidur yang cukup, justru membuat seseorang menjadi lebih produktif. Waktu tidur yang cukup di malam hari justru bisa membuat mood dan semangat kerja menjadi stabil atau bahkan meningkat. Berbeda dengan orang yang memiliki waktu tidur kurang, kekebalan tubuhnya cenderung menurun sehingga mudah sekali mengalami gangguan pada mood dan kantuk keesokan harinya.

       3.      Jauhkan hal-hal yang bisa memecahkan konsentrasi

Sering kali pekerjaan atau tugas utama tertunda karena ada hal-hal yang memecahkan konsentrasi. Salah satunya yaitu gangguan dari telepon genggam. Baiknya, Sobat TERUSTERANG bisa matikan atau jauhkan dari penggunakan telepon genggam saat menyelesaikan pekerjaan. Dengan cara ini, kalian lebih bisa mengontrol diri agar lebih produktif bekerja dan tidak mudah tergoda untuk bermain media sosial terlalu lama.

       4.       Buat deadline pekerjaan  

Membuat deadline merupakan salah satu bagian yang dapat memberikan tantangan dalam menyelesaikan tugas. Hal ini dimaksudkan untuk menyelesaikan pekerjaan berdasarkan prioritas atau tingkat kesulitan yang tinggi. Sobat bias, nih, bikin jadwal deadline sendiri dengan memberikan waktu setidaknya dua hari sebelum jadwal deadline yang diberikan. Hal ini berguna supaya kalian masih mendapatkan waktu untuk memperbaiki atau merevisi pekerjaan yang kurang tepat.

Empat tips di atas semoga dapat membantu Sobat TERUSTERANG dalam mengurangi atau bahkan menghindari kebiasaan menunda pekerjaan. Jangan menunda pekerjaan selagi bisa mengerjakan, ya!


_________________________
Penulis            : Indriana Mega Kresna
Editor             : Nasy’ah Mujtahidah Madani

Post a Comment

0 Comments